======= SELAMAT DATANG KOMNAS PGPKT !!! =======
Komite Nasional Penanggulangan Gangguan Pendengaran dan Ketulian

Rabu, 11 Januari 2017

CAMPAK SEBABKAN BAYI LAHIR TULI. CEGAH DENGAN VAKSIN MR

dr.Damayanti Soetjipto Sp.THT.KL(K)

Penyakit Campak Rubella / Campak Jerman/ German Measles, jika mengenai ibu hamil terutama di trimester pertama (3 bulan pertama kehamilan) dapat mengganggu perkembangan organ janin. Jika banyak organ terkena, disebut Congenital Rubella Syndrome (CRS), biasanya mengenai organ telinga menyebabkan tuli, organ mata menyebabkan kebutaan dan katarak, kelainan jantung dan micro-cephali (kepala atau otak yang mengecil)  tentunya disertai kelainan mental, serta dapat menyebabkan kematian.
Tersering adalah gangguan pendengaran, bayi akan lahir tuli yang sulit diketahui karena bayi tampak normal. Jika tidak segera dideteksi dan ditolong, dampak tuli sejak lahir sangat berat yaitu menjadi anak tuna rungu wicara karena tidak bisa mendengar, bicara, bersosialisasi, dengan sendirinya pendidikan akan terganggu berakhir pada kualitas hidup dan masa depan suram. Anak akan menjadi SDM yang butuh pertolongan, bodoh dan mungkin akan dikucilkan.
Namun jika secepatnya ditolong melalui skrining pendengaran saat lahir untuk deteksi dini, dan saat umur 6 bulan harus sudah diberi ABD (alat bantu dengar) yang berkualitas dan sesuai untuk tuli pada bayi, maka anak akan tertolong, bisa mendengar, bicara dan berbahasa secara normal serta punya masa depan gemilang.
Pencegahan adalah imunisasi dengan vaksin Rubella yang akan diberikan bersama vaksin Measles sehingga namanya vaksin MR. Syukurlah pemerintah dhi Kementerian Kesehatan RI sudah merencanakan Vaksinasi MR nasional pada Agustus 2017 untuk Pulau Jawa dan tahun 2018 di luar Pulau Jawa (Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Papua dll). Gerakan ini untuk mencegah terjadinya CRS. Jika vaksinasi nasional ini dapat dilaksanakan secara sukses maka kejadian tuli kongenital (sejak lahir) dengan segala dampak termasuk CRS akan turun drastis.dan kelompok anak tunarungu dengan masa depan suram juga akan turun.
Diharapkan kesadaran masyarakat untuk membantu pelaksanaan pemberian vaksin MR pada keluarga agar tidak ada anggota keluarga yang mengalami cacat tuli sejak lahir dan kelainan bawaan lainnya. Semua menjadi anak akan mempunyai masa depan gemilang.